Anatomi dan Histologi (Ayam dan Domba)

BAB I
PENDAHULUAN
Anatomi dan Histologi (Ayam dan Domba)Anatomi dan Histologi (Ayam dan Domba)
Klik untuk memperbesarKlik untuk memperbesar

Praktikum Anatomi dan Histologi ini dilakukan sebanyak dua macam percobaan yaitu percobaan anatomi dan percobaan histologi. Percobaan anatomi dilakukan terhadap hewan ternak, yaitu pada ternak ayam dan ternak domba. Sedangkan pada percobaan histologi dilakukan dengan cara mengamati beberapa preparat awetan dari organ dan jaringan pada tubuh, seperti ginjal (ren), hati, kulit, saluran perncernaan, pancreas, lidah, jaringan ikat, dan otot.
Mempelajari hewan tidak terlepas dari anatomi dan histologi hewan tesebut. Anatomi adalah ilmu yang mempelajari bentuk dan struktur semua organisme makhluk hidup. Histologi adalah bidang biologi yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Histologi dapat juga disebut sebagai ilmu anatomi mikroskopis (http://id.wikipedia.org/wiki/Histologi).Histologi berasal dari kata histon, yang artinya kumpulan beberapa sel yang mempunyai satu atau lebih kekhususan fungsi yang membentuk jaringan, sehingga histologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jaringan makhluk hidup.
Anatomi adalah sebagai ilmu yang mempelajari bentuk dan struktur semua organisme makhluk hidup. Pada percobaan anatomi dilakukan terhadap ternak ayam dan domba berupa pengamatan secara langsung terhadap bentuk rangka dan perototan kedua ternak tersebut, serta menyebutkan bagian-bagian rangka dan perototan domba dan ayam secara lengkap dan detail.
Pengamatan kerangka ayam meliputi tulang penyusun kepala dan leher (Incisive, Nasal, Lacrimal, Mandible, Quadrate, Occipital, Atlas, Ephistropheus, dan tulang Cervical), tulang penyusun sayap (Humerus, Radius, Ulna, Carpus. Metacarpus, Phalanges), tulang penyusun tubuh (Clavicle, Coracoid, Scapula, Ilium, Ichium, Pygostyle, Pubis, dan Sternum) serta tulang penyusun kaki (Femur, Fibula, Tibia, Tarsus, Metatarsus, Digiti, Phalanges, dan Patella).
Pengamatan sistem perototan ayam meliputi otot Pectoralis superficialis, Pectoralis profundal, Bicep brachii, Extensor dan fleksor carpi radialis, Biceps femuris, Gastrocnemius, Tibia cranialis, Tendo-tendo ekstensor dan fleksor, otot-otot cervicalis, Obligus abdominus eksternus, dan Gluteus medius.
Pengamatan kerangka domba meliputi kerangka penyusun tulang kepala, tulang leher, pentususn ruas-ruas tulang belakang, kerangka badan, kerangka kaki depan, kaki belakang, tulang kemaluan.
Pengamatan otot domba meliputi otot utama pada pandangan lateral karkas bagian belakang yang terdiri dari Gastrocnemius, Biceps femuris, Semi Tendinosus, semi Membranosus, Vastus lateralis, Tensor fascialata, Gluteus medius dan Longisimus dorsi. Selanjutnya otot utama pada bagian depan meliputi Pectoralis, Trasfer process of cervical vertebrae, Lattisimus dorsi, Possi otot Longissimus dorsi, Triceps brachii, Infraspinatus, Supraspinatus,Cerratus ventralis, Extensor dan Flexor carpi radialis, Flexor carpi ulnaris, dan Trapezius.
Histologi adalah kumpulan beberapa sel yang mempunyai satu atau lebih kekhususan fungsi yang membentuk jaringan. Jadi histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan tubuh. Pada percobaan histologi dilakukan dengan mengamati preparat pada jaringan dan organ tubuh yaitu preparat ginjal(ren), hati, kulit, saluran perncernaan, pancreas, lidah, jaringan ikat, dan otot. Dengan cara menyebutkan nama dan fungsi dari bagian-bagian pada organ dan jaringan tersebut secara lengkap dan detail.
Setelah diketahui bentuk, struktur dan fungsi organ dan jaringan pada tubuh, maka dapat digunakan untuk mengetahui pemanfaatan organ dan jaringan yang ada, baik bagi ternak itu sendiri ataupun pemanfaatannya bagi manusia.
Pada praktikum anatomi dan histologi bertujuan untuk mengetahui bentuk, struktur, serta bagian-bagian, dan fungsi pada tubuh hewan tersebut. Manfaat dari praktikum anatomi histologi merupakan kita dapat mengetahui bentuk rangka dan perototan pada hewan ternak serta kita juga mengetahui organ dan jaringan yang berada di dalam tubuh kita dan mengetahui fungsi dan peran dari jaringan yang terdapat di dalam tubuh.


BAB II
MATERI DAN METODE

MATERI
Anatomi
Alat-alat yang digunakan dalam praktikum anatomi antara lain : pembedah, nampan, lem, kawat, vernis, panci, kompor, pisau, oven 800C
Bahan-bahan yang digunakan dalam praktikum anatomi antara lain : ayam broiler 1 ekor, dan domba 1 ekor, air cuka 5% sampai 10%.

Histologi
Alat-alat yang digunakan pada praktikum histologi antara lain : mikroskop, dan preparat awetan
Bahan-bahan yang digunakan pada praktikum anatomi antara lain : preparat awetan beberapa organ dan jaringan tubuh, yaitu preparat ginjal(ren), hati, kulit, saluran perncernaan, pancreas, lidah, jaringan ikat, dan otot.

METODE
Anatomi
Pengamatan anatomi otot domba. Domba yang telah dipotong, dikuliti dan diambil jeroannya. Kemudian dilakukan pengamatan terhadap otot-otot tersebut sesuai dengan bagian-bagiannya. Pengamatan didampingi oleh asisten yang menjelaskan tentang otot tersebut.
Pengamatan anatomi kerangka domba. Dilakukan seperti pengamatan otot domba dimana kerangka domba telah disediakan. Pengamatan didampingi oleh asisten yang menjelaskan tentang kerangka tersebut. Kemudian para praktikan menyebutkan bagian-bagian otot dan rangka pada domba sesuai dengan bagiannya secara lengkap.
Pengamatan anatomi otot ayam. Ayam dipotong kosher dan dibersihkan bulunya. Jeroan yang ada dalam perut ayam dikeluarkan dengan membuka rongga badan. Kemudian dilakukan pengamatan secara langsung pada perototan ayam tersebut. Pengamatan didampingi oleh asisten yang menjelaskan tentang otot tersebut.
Pengamatan anatomi kerangka ayam. Pengamatan kerangka pada tubuh ayam, pengamatan dilakukan secara langsung pada kerangka ayam yang telah disediakan. Kemudian praktikan menyebutkan bagian-bagian otot dan kerangka ayam sesuai dengan bagiannya secara lengkap.

Histologi
Pengamatan histologi organ dan jaringa tubuh. Preparat (delapan buah) yang disediakan yaitu preparat Pankreas, Otot, Ginjal(Ren), Jantung, Saluran Pencernaan, Kulit, Lidah, dan Hepar diamati bagian-bagiannya dengan mikroskop. Didampingi asisiten yang menjelaskan nama-nama bagian jaringan dan organ tubuh pada preparat tersebut serta menjelaskan fungsi dari organ dan jaringan tubuh tersebut.


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

ANATOMI

Kerangka Ayam
Kerangka ayam antara lain berfungsi untuk alat gerak pasif, melindungi organ dalam, tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih, dan untuk bernafas (Yuwanta, 2000). Tulang-tulang hampir semua jenis unggas adalah bersifat pneumatic (berongga). Ruang berongga ini berhubungan dengan sistem pernafasan. Dua belas persen stuktur tulang pada ayam adalah tipe tulang meduler yang unik. Ini merupakan suatu jaringan tulang yang kecil sekali yang mengikat struktur berongga bersama-sama dengan sumsum tulang (Blakely and Bade, 1985).
Kerangka ayam seperti pada kerangka hewan lainnya, terdiri dari epifisis dan diafisis. Epifisis ayam terbentuk dari tulang rawan yang relatif lunak dan sangat mungkin untuk dipatahkan, sedangkan diafisis yang terletak di tengah tulang sudah terbentuk oleh tulang sejati yang keras.
Hasil pengamatan yang telah dilakukan terhadap kerangka ayam, dapat diketahui bahwa ayam memiliki kerangka yang sangat beraneka ragam dimasing-masing bagian tubuh serta memiliki fungsi-fungsi tertentu untuk mendukung kehidupan.
Kerangka ayam seperti pada kerangka hewan lainnya, terdiri dari epifisis dan diafisis. Epifisis ayam terbentuk dari tulang rawan yang relatif lunak dan sangat mungkin untuk dipatahkan, sedangkan diafisis yang terletak di tengah tulang sudah terbentuk oleh tulang sejati yang keras.
Tulang ayam terdiri dari beberapa bagian utama yaitu tulang penyusun kepala dan leher, tulang penyususn sayap, tulang penyusun tubuh dan tulang penyusun kaki. Semua tulang mempunyai jumlah ruas yang berbeda. Tulang penyusun kepala dan leher terdiri dari Incisive, Nasal, Mandible, Lacrimal, Quadrate, Occipital, Atlas, Epistropheus dan Axis sebagai bagian bawah penyusun tulang leher.
Ayam memiliki banyak macam tulang yang berongga (tulang pneumatik) yang berhubungan dengan sistem pernafasan (Akoso, 1998). Struktur tulang pada ayam 12 %nya adalah tipe tulang meduler yang unik. Ini merupakan suatu jaringan tulang yang kecil sekali yang mengikat struktur berongga bersama-sama dengan sumsum tulang dan bagi unggas liar berguna sebagai substansi untuk pembentukan telur bila kadar kalsium dalam pakannya rendah (Blakely dan Bade, 1998).
Tulang penyususn sayap terdiri dari Phalanges, Metacarpus, Ulna, Radius, serta Humerus. Tulang ulna dan radius terdapat pada ruas yang sejajar, hanya saja tulang Radius lebih kecil dari tulang Ulna.
Tulang sayap. Tulang penyusun sayap terdiri dari 6 macam tulang, yaitu humerus, radius, ulna, carpus, metacarpus, dan phalanges. Menurut Yuwanta (2000), tulang humerus termasuk tulang yang bersifat pneumatic atau berongga yang berhubungan dengan kantong udara. Tulang ini langsung berhubungan dengan sistem pernafasan. Ulna dan radius merupakan sepasang tulang yang digunakan untuk melekatnya otot bicep brachii dan tricep brachii. Ukuran tulang ulna lebih besar dari tulang radius. Tulang sayap paling luar adalah metacarpus dan phalanges.
Tulang penyusun tubuh berdasarkan pengamatan terdiri dari Clavicel yang menggantung, Coracoid, Sternum, Columna vertebrae yang menggantung tulang rusuk terdiri dari Scapula, Illium, Ischium, Pygostyle dan Pubis.
Sternumayam adalah tulang terluas dan tidak dibagi seperti mamalia. Dua tulang clavicular disatukan dengan yang lain membentuk clavide yang bercabang, umumnya diketahui sebagai wishbone. Ayam mempunyai tiga belas servic dan tujuh thoracic yang mana empat dari yang akhir disatukan bersama (Swatland, 1984).
Tulang rawan, pada epifisis terletak di ujung tulang pada persendian/pusat pergerakan dari ayam. Kelunakan ini bertambah bila ayam masih muda dan mengeras seiring tulang semakin panjang sehingga ayam bertambah besar dan tinggi dengan bertambahnya umur.
Tulang mengandung sel-sel hidup dan matrik intraseluler yang meliputi garam mineral. Kalsium fosfat menyusun sekitar 80% bahan mineral dan sisanya sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat dan magnesium fosfat (Frandson, 1992).
Tulang ayam di sepanjang tubuhnya sangat kaku dan hanya ada satu ruas tulang punggung yang dapat digerakkan. Karena membentuk suatu susunan kaku, maka memberikan kekuatan tubuh yang cukup kuat untuk menopang gerakan dan aktivitas sayap (Akoso, 1998).
Tulang kepala. Tulang penyusun kepala terdiri dari 6 macam, yaitu mandible (paruh bawah), incisive (paruh atas), nasal (hidung), lacrimal (mata), quadrate (telinga), dan occipital (otak belakang). Mandible merupakan tulang pada paruh bagian bawah. Incisive merupakan tulang pada paruh bagian atas, di belakangnya terdapat tulang nasal dan lacrimal. Quadrate merupakan tulang yang menghubungkan antara tulang kepala bagian atas dengan bagian bawah, dan occipital merupakan tulang yang terletak pada bagian belakang kepala, tulang ini berfungsi untuk melindungi otak.
Tulang leher. Rangka leher terdiri dari 3 macam tulang, yaitu atlas, epistropheus, dan axis. Atlas merupakan tulang leher terutama yang terkait dengan kepala. Atlas mudah digerakkan karena tidak mempunyai prosesus spinosus. Tonjolan-tonjolan yang membentuk ruas-ruas pada rangka leher disebut epistropheus, sedangkan axis merupakan akhir dari tulang leher yang tidak dapat digerakkan.
Tulang dada. Tulang ini terdiri dari tulang-tulang rusuk, clavicle, coracoid, sternum, dan pada bagian atas tulang rusuk terdapat sepasang tulang yang disebut scapula. Tulang clavicle berbentuk seperti huruf V dan letaknya menggantung. Tulang scapula terletak setelah axis dan tulang sternum merupakan tulang pada ayam yang paling luas permukaannya.
Tulang kaki. Tulang ini terdiri dari femur, patella, fibula, tibia, tarsus, metatarsus, phalanges, dan digiti (kuku). Tulang femur dan patella merupakan tulang penyusun kaki atas, sedangkan fibula, tibia, tarsus, metatarsus, phalanges, dan digiti merupakan penyusun kaki bawah.
Tulang pelvis. Tiga tulang penyusun pelvis (kemaluan) adalah ilium, ischium, dan pubis. Terakhir adalah tulang ekor yang disebut phygostyle

Perototan Ayam
Pengamatan anatomi pada praktikum kali ini menggunakan ayam kampong sebagai obyek. Otot-otot ayam yang pertama diamati yaitu pada begian leher ayam yang disebut dengan otot-otot Cervicalis. Otot ayam ada kalanya berlapis-lapis seperti pada dada dan paha. Pada dada sebelah luar disebut Pectoralis superficialis sedangkan pada bagian dalam disebut Pectoralis profundus yang sangat tidak berfungsi dalam proses pergerakan dan pada bagian dalamnya lagi terdapat otot yang disebut dengan Supra coracoid.
Otot pectoralis memanjang dari anterior ke posterior pada bagian ventral tubuh ayam. Otot Biceps femoris berada diluar dari otot paha yang arah serabutnya mengarah dari dorso-posterior ke arah vebtro-anterior, begitu pula dengan otot obligus abdominus externus yang berada di bawah boceps femoris, sedangkan otot obligus abdominus externus berada pada bagian anterior, serabut otot mengarah dari dorsal ke ventral. Otot yang lain seperti gluteus superficialis terletak diantara obliges sbdominus externus dengan biceps femoris, sedangkan otot gluteus abdominus terletak pada bagian bawah dari sayap ayam.
Pada unggas otot yang paling besar adalah otot pectoralis terdapat pada bagian superfisialis atau permukaan dada. Berat otot pectoralis kira-kira ada 8% dari berat tubuh unggas. Otot supra coracoideus terdapat diantara pectoralis dan sternum. Otot ini berfungsi, antara lain untuk mengangkat sayap (Soeparno,2005).
Pada sayap ayam terdapat otot-otot seperti triceps brachii, extensor carpi radialis, flexur carpi radialis serta biceps brachii yang diamati. Pada pengamatan, di paha terdapat otot yaitu gastrocnemius, gluteus medius, tibialis cranialis, tendo-tendo extensor serta tendo-tendo flexor.
Musculus pectoralis major berfungsi untuk menutup sayap, berorigo pada carnia sterni dan berinsertio pada facies ventralis humeri. Musculus pectoralis minor baru tampak bila musculus pectoralis major diangkat. Musculus ini berorigo pada carnia sterni, kemudian masuk kedalam foramen triosseum yang berinsertio pada facles dorsalis humeri. Fungsinya yaitu untuk menurunkan sayap (Radiopoetra,1991).
. Dada adalah merupakan otot skeletal terbesar karena dibutuhkan untuk terbang misalnya pada bangsa ayam liar. Otot ini telah dikembangkan secara genetis oleh para ahli pemuliaan spesies-spesies domestik. Ayam memiliki otot merah dan otot putih, yang dapat disamakan dengan daging gelap dan daging terang. Perbedaan warna ini disebabkan kandungan myoglobin dalam otot merah. Myoglobin adalah pigmen merah yang membawa oksigen dalam otot ayam (Blakely dan Bade, 19).
Jaringan otot ayam merupakan satu kesatuan organ yang bertindak selaku anggota gerak. Ada tiga macam otot dasar, yaitu (1) otot polos, (2) otot jantung dan (3) otot rangka (Akoso, 1998).
Fungsi otot pada unggas antara lain untuk gerakan tubuh, generate yaitu meningkatkan suhu tubuh, dan pembentuk tubuh. Pada unggas dikenal 4 jenis otot, yaitu pectoralis yang terdapat pada sayap, sternum dan lunas perahu (keel), pektineus (ambiens) yang menyebabkan ayam mampu bertengger dan tidur di tempat bertengger tanpa jatuh, dermal yang digunakan untuk menggerakkan bulu, gastrocnemius yaitu otot paha (Yuwanta, 2000). Perototan ayam warnanya lebih merah karena mempunyai kandungan mioglobin lebih banyak . Sedangkan menurut Akoso (1998), ayam memiliki otot merah dan otot putih karena perbedaan kantong zat warna merah (mioglobin), yang membawa zat oksigen ke dalam otot. Menurut Yuwanta (2000), otot merah mengandung mioglobin, zat besi, dan pembawa oksigen lebih banyak dibanding otot polos (otot putih).
Otot ayam dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan lokasi dan fungsinya.
Otot leher. Otot ini disebut dengan otot cervical karena letaknya pada daerah cervic (leher).
Otot sayap. Terdiri dari 2 macam otot, yaitu biceps brachii dan triceps brachii. Biceps brachii jumlahnya ada 2 dan terletak pada bagian luar sayap, sedangkan triseps brachii jumlahnya ada 3 dan terletak pada bagian dalam sayap. Dikatakan biceps karena jika dilihat pada otot tersebut tampak adanya dua warna yang berbeda, begitu juga pada triceps, tampak adanya tiga warna yang berbeda pada otot tersebut.
Otot dada. Terdapat 2 macam otot pada dada ayam, yaitu pectoralis superficialis dan pectoralis profundus. Pectoralis superficialis merupakan otot yang paling besar dan berada di sebelah luar sedangkan otot Pectoralis profundus terdapat di bagian dalam dari pectoralis superficialis dan strukturnya lebih halus dari pectoralis superficialis. Nama komersial dari otot ini adalah sasami, otot ini terkenal karena rasanya yang lebih enak daripada otot-otot lain dan biasanya digunakan untuk pembuatan sosis ayam.
Otot paha atas. Terdiri dari 2 macam otot, yaitu gluteus superficialis dan biceps femoris. Pada bagian dalam kedua otot ini terdapat otot yang disebut dengan obligus abdominus externus, yang letaknya berbatasan antara otot yang melekat pada femur dengan otot pada abdomen.
Otot paha bawah (drumstick). Otot ini terdiri dari 3 macam otot, yaitu tibialis cranialis, gluteus medius, dan gastrocnemius. Susunannya berurutan dari belakang (posterior), tengah, dan depan (anterior) serta serabutnya mengarah dari dorsal ke ventral.
Otot kaki. Terdiri dari 2 macam otot, yaitu tendo-tendo flexor yang merupakan otot kaki bagian depan dan tendo-tendo extensor yang merupakan otot kaki bagian belakang.

Kerangka Domba
Pada saat pengamatan kerangka domba, kami mengetahui adanya 35 macam tulang antara lain: Mandibulla, coranoid process, maxilla, nassal lacrimal, occipital, atlas, cervical vertebrae, cartillage of spinosus process, spinosus process, lumbar, coxigeal, ilium, iscium, pubis, femur, patella tibia, tarsus, metatarsus, palanges, digiti, scapula, humerus, olecanon process, stifle joint, radius, ulna, sternum, asternal, sternal, ribs, sahrcl.
Fungsi-fungsi tulang meliputi antara lain sebagai pelindung, memberikan kekerasan dan bentuk, berperan sebagai pengungkit, terdapat cadangan mineral, dan memberikan fasilitas tempat untuk pembentukan darah (Frandson,1992).
Skapula. Skapula bentuknya agak pipih dan merupakan tulang triangularis karena bentuknya yang sekilas mirip dengan segitiga dan terletak di atas ulna atau pangkal paha.
Humerus. Humerus atau tulang lengan atas termasuk di dalam jenis tulang panjang dan memiliki bentuk yang sedikit berbeda antara hewan yang satu dengan hewan yang lain. Humerus memiliki banyak tonjolan yang bentuknya tidak teratur yang biasa disebut tuberositas atau tuberkulum. Hal tersebut terjadi karena pengaruh adanya tarikan yang kuat dari otot-otot yang melekat pada humerus. Pada ujung humerus membentuk persendian siku dengan ujung proksial radius dan ulna.
Radius. Radius adalah tulang besar pada lengan bawah dan ulna ialah tulang kecil pada lengan bawah. Radius merupakan tulang panjang yang terletak di sisi medial lengan bawah. Lengan ini dapat langsung diraba di bawah kulit.
Ulna. Ulna memiliki variasi perkembangan yang berbeda pada setiap spesies, pada domba ulna tumbuh lebih panjang daripada ulna hude. Pada domba, ulna memiliki gerakan yang terbatas atau ulna dan radius tidak dapat digerakkan.
Karpus. Karpus merupakan daerah yang kompleks yang terdiri dari dua duet tulang-tulang kecil.
Metakarpus. Metakarpus daerah di sebelah distal karpus. Pada sapi dan domba, metakarpus merupakan daerah di sebelah distal. Pada sapi dan domba, metakarpus hasil fusi tulang-tulang metakarpus yang ketiga dan keempat. Suatu alur vertikal pada metakarpus menunjukkan garis fusi kedua tulang tersebut.
Humerus, ulna, radius, ossa metacarpalia, dan palargus merupakan tulang panjang sedangkan tulang ossa carpalia merupakan tulang pendek. Ujung proximal humerus yang berbulat bersensi dengan ulna. Proresi adalah gerakan pemutaran kembali sehingga radius dan ulna dapat terletak sejajar disebut ordonasi (Radiopoetro, 1991).
Ilium. Ilium merupakan tulang terbesar dan terdapat paling dorsal. Bagian utama ilium menonjol ke arah bawah dan belakang di antara prosesus dan asetabulum membentuk dinding lateral pelvis. Isium menonjol ke arah belakang dan ventral asetabulum, membentuk sebagian besar dasar pelvis. Pubis merupakan tulang paling kecil diantara tiga tulang lainnya. Pubis dan isium membentuk batas lubang yang terbesar dalam tubuh yaitu poramen obturator.
Femur. Femur (tulang paha) berpangkal pada persendian pinggul dan memanjang sampai stifle (pada manusia merupakan persendian lutut).
Tibia. Tibia merupakan tulang yang besar dan terletak di sebelah medial.
Fibula. Fibula merupakan tulang yang kecil dan terletak di sisi lateral pada kaki.
Tarsus. Tarsus (matakaki) disusun oleh tulang-tulang kecil yang sepertihalnya karpus terletak pada ekstremitas anterior. Deretan proximal tulang-tulang tarsal terdiri dari dua tulang yang besar. Metatarsus dan digiti pada ekstremitas posterior sama dengan metacarpus dan digiti pada ekstremitas anterior (Frandson, 1992).
Pada semua hewan tulang berfungsi sebagai pelindung, memberikan kekerasan dan bentuk tubuh, berperan sebagai pengungkit, tempat cadangan mineral dan memberikan fasilitas tempat untuk pembentukan darah. Salah satu fungsi utama tulang adalah memberikan perlindungan pada organ-organ penting. Sistema nervorum sentrale dilindungi oleh kranium dan kolumna vertebralis ; jantung dan paru-paru terdapat dalam ruang yang dibentuk oleh kosta; dan sistema urogenitale pars interna oleh pelvis. Tulang sebetulnya tidak mempunyai fungsi secara langsung dalam pembentukan darah, tetapi yang berperan adalah sumsum tulang yang terdapat dalam kavitalis medullaris dan dalam substansi spongiosa pada semua tulang-tulang muda (Frandson, 1993).
Lumbar vertebrae. Lumbar vertebrae mempunyai prosessus tranversus yang besar, pipih, menonjol ke lateral. Bangunan tersebut membentuk lengan tulang yang panjang pada potongan tulang berbentuk T. Prosessus spinosus sama dengan yang terdapat pada beberapa thoracic vertebrae, tetapi tidak besar, seperti halnya pada vertebrae di daerah cervic (Frandson, 1993).
Sacral vertebrae. Sacral vertebrae menjadi satu membentuk bangunan seperti pasak dan dikenal sebagai sacrum yang bersendi dengan lumbar vertebrae di bagian cranial dan dengan vertebra kaudalis (cocygeal vertebrae) di bagian kaudal serta kraniolateralis bersendi dengan ilium (Frandson, 1993).
Coccygeal vertebrae. Vertebra kaudalis (Coccygeal) membentuk pangkal ekor. Dengan demikian jumlahnya pada spesies satu dengan yang lain bervariasi dan kadang-kadang pada satu spesies yang sama juga berbeda. Ukuran vertebra makin ke atas makin mengecil, sehingga beberapa vertebra kaudalis yang terakhir merupakan tulang yang berbentuk batang yang kecil (Frandson, 1993).
Ekstremitas pectoralis. Ekstremitas pectoralis scapula (tulang belikat), humerus (tulang lengan atas), ulna, carpus, metacarpus, phalanges dan digiti. Scapula pada semua hewan agak pipih dan merupakan tulang triangularis. Pars distalis membentuk persendian dengan humerus yang dikenal sebagai "ventral angle", dan membentuk persendian yang sebenarnya antara scapula dengan tulang-tulang yang lain pada hewan domestik. Humerus merupakan tulang panjang yang mempunyai struktur halus yang bervariasi pada satu hewan dengan yang lain. Tulang tersebut mempunyai bagian utama yang dilengkapi dengan dua ekstremitas. Ujung proksimal (ujung atas) bersendi dengan sisi ventral scapula membentuk persendian bahu. Tonjolan yang dibentuk oleh ujung humerus disebut titik atau kedudukan bahu. Ujung proksimal (atas) humerus mempunyai banyak tonjolan yang bentuknya tidak teratur (tuberositas atau tuberkulum), hal tersebut akibat adanya tarikan yang kuat dari otot-otot yang melekat padanya. Ujung distal humerus membentuk persendian siku dengan ujung proksimal radius dan ulna. Tulang yang besar pada lengan bawah disbut radius dan yang kecil disebut ulna. Radius merupakan tulang tulang panjang yang terletak di sisi medial lengan bawah kulit, yang dapat langsung diraba di bawah kulit. Ulna mempunyai tingkat perkembangan yang bervariasi, tergantung pada spesies hewan. Prosessus olecanon terdapat pada semua spesies hewan, menonjol di atas, dan di bawah persendian siku. Prosessus tersebut membentuk sebuah pengungkit untuk pelekatan otot yang berfungsi untuk meluruskan siku. Domba mempunyai ulna yang sempurna, tetapi gerakannya terbatas atau antara ulna dan radius tidak dapat digerakkan (Frandson, 1993).
Menurut Frandson (1993) pada domba, carpus merupakan daerah yang kompleks yang terdiri dua deret tulang-tulang kecil. Metacarpus merupakan daerah di sebelah distal carpus.
Ekstremitas pervicalis. Lingkar pervekalis terdiri dari tiga tulang yang berfusi membentuk tulang ireguler, yang disebut os kokse (os coxae). Masing-masing atau tulang pelvis, melekat sangat kuat di bagian simfisis yang terdapat di ventral, membentuk ossa koksarrum (pelvis) dan dihubungkan dengan skeleton aksiale di sebelah dorsal melelui persendian yang kuat pada masing-masing sisinya. Persendian tersebut adalah artikulasi sakroiliaka dekstra dan sinistra. Tulang-tulang yang membentuk os kokse adalah ilium, ischium, dan pubis. Tulang-tulang tersebut bergabung melalui osetabulum pada persendian pinggul (Frandson, 1993).
Ilium merupakan tulang terbesar dan terdapat paling dorsal. Bentuknya segitiga tidak teratur yang ujungnya terletak pada asetabulum dan basisnya terdapat pada kraniodorsal. Bagian tengah disebut tuber sakrale yang berhubunngan dengan persendian sakroillaka di bagian linea mediana. Sisi lateralnya disebut tuber kokse dan dikenal sebagai pangkal pinggul atau "hook bone". Bagian yang berbentuk pipih dan lebar, terletak di antara tuber kokse dan tuber sakrale disebut prosessus iliaka dan tepi dorsal dikenal sebagai Krista iliaka. Bagian utama ilium menonjol ke arah bawah dan belakang di antara prosessus dan asetabulum, membentuk dinding lateral pelvis (Frandson, 1993).
Ischium menonjol ke arah belakang dan ventral asetabulum, membentuk sebagian besar dasar pelvis. Iscium mempunyai tonjolan ke kaudal yang disebut tuber isiadikum (tuber isii), dan biasanya disebut "pin bone" (Frandson, 1993).
Pubis merupakan tulang paling kecil di antara tiga tulang lainnya, membentuk bagian cranial dasar pelvis. Pubis dan ischium membentuk batas lubang terbesar dalam tubuh, yaitu foramen obturator ( Frandson, 1993).
Femur (tulang paha) berpangkal pada persendian pinggul dan memanjang sampai "stifle". Menurut Frandson (1993) bila dilihat pada penampang melintang dengan potongan yang membulat femur merupakan tulang yang bulat. Ujung proksimal femur bentuknya membulat yang bersendi dengan asetabulum pada os kokse, membetuk persendian pinggul. Juga terdapat beberapa tonjolan yang dikenal sebagai trokhanter, berguna untuk perlekatan otot-otot paha dan pinggul yang kuat.
Tibia dan fibula setara dengan radius dan ulna pada ekstremitas anterior. Tibia merupakan tulang yang besar dan terletak disebelah medial, sedangkan fibula merupakan tulang yang kecil dan terletak disisi lateral pada kaki (Frandson, 1993).
Tarsus (mata kaki) disusun oleh tulang-tulang kecil seperti halnya karpus pada ekstremitas anterior. Deretan proksimal tulang-tulang tarsal terdiri dari dua tulang yang besar. Tulang tibiotarsus disebelah dorsal terdapat dua bangunan seperti tanggul yang berguna untuk persendian dengan tibia. Tulang fibulotarsus (kalkanius) menjulur ke arah depan dan belakang membentuk titik mata kaki (Frandson, 1993).

Perototan Domba
Setelah dilakukan pengamatan terhadap otot-otot tubuh domba, otot-otot domba bisa dibagi menjadi dua bagian besar yaitu otot-otot utama pada tubuh bagian depan dan otot-otot utama pada bagian belakang. Pemisahnya adalah tulang rusuk ke 13 pada bagian dada.
Otot-otot pada tubuh bagian depan meliputi : Tranverse process of cervical vertebrae Suprospinasus, infraspinasus, ekstensor carpiiradiolis, flexor carpii radialis, flexor carpii ulnaris, pectoralis, serratus ventralis, intercostae eksternal, intercostae internal, lattisimus dorsi, longisimus dorsi, trapezium, bicep brachii, tricep brachii.
Otot trapezius. Otot trapezius merupakan otot pipih berbentuk segitiga, terletak disebelah longisimus dorsi dari depan hingga ke belakang. Origonya terletak pada garis tengah dorsal dari kepala hingga ke belakang.
Otot serattus ventralis. Otot serattus ventralis memiliki bentuk menyerupai segitiga terletak dibagian dada diatas pectoralis. Merupakan otot yang paling besar dan merupakan otot yang paling utama dan menghubungkan alat gerak bagian depan dengan tubuh. Bentuk serabut otot menyerupai kipas.
Otot supraspinosus. Otot supraspinosus terletak dibagian bawah leher atau dibawah otot tranverse process of cervical vertebrae. Fungsi utama suprasinosus adalah sebagai ligamen yang kuat pada persendian bahu otot infrospinosus adalah sebagai ligamen yang infrospinosa disebelah belakang agak ke bawah spinaskapula.
Otot pectoralis berada pada dada sebelah bawah dari tubuh domba tepatnya di bagian bawah tulang sternum. Otot pectoralis merupakan aduktor bahu yang berorigo pada sternum dan insesio terutama pada bagian proksimal humerus dan otot pectoralis berbentuk bagian yang disebut brisket.
Pada pengamatan otot domba ditunjukkan ciri-ciri tricep brachii yakni memiliki tiga kepala. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Frandson (1996). Otot tricep memiliki tiga kepala, kepala yang paling panjang berorigo pada tepi handal (aksilir) skapila dan kepala yang medial dan lateral berorigo pada sisi humerus.
Otot cervicalis. Otot cervicalis terletak pada bagian belakang sepanjang leher dan sepanjang tengkuk. Otot lattisimus dorsi merupakan otot yang berbentuk segitiga yang lebar terletak di bawah trapezius, sedangkan otot-otot pada tubuh bagian belakang meliputi : obligus abdorinis ekstermis lateral cardyle of tibia, tensor vascialata dan semi membranosis.
Gluteus medius. Gluteus medius atau bisa disebut juga glateus tengah terletak di atas tulang iscium gluteus medius adalah otot ekstensor yang kuat. Otot ini memiliki fungsi menggerakkan trohonter mayor ke arah depan dan menggerakkan bagian lain dari dahi belakang ke arah belakang.
Gastroc nemius. Gastroc nemius berada pada bagian paha kaki sebelah ata. Seperti yang dijelaskan Frandson (1996) bahwa gastroenemius merupakan otot ekstensordari hock yang berorigo pada permukaan kaudal dari ujung distal femur.
Bicepsfemoris, Semitendinosus, dan Semi Membranosus berada pada tempat yang saling berjajar pada paha atas bagian belakang berturut-turut dari depan yaitu Biceps femoris, dan Semi membranosus. Seperti yang dikemukakan Frandson (1996) bahwa otot ini berada pada sisi belakang persendian pinggul dari tuber insiadikum ke ujung proksimal tibia atau fibula, otot biceps femoris merupakan otot yang paling lateral dari otot-otot paha bagian kaudal, otot semitendinosus berada pada bagian tengah dari otot-otot kaudal, dan otot semimembranosus berada pada bagian medial dari otot-otot kaudal.
Vastus Lateralis. Vastus Lateralis merupakan otot ekstensor pada stifle. Merupakan kepala dari otot kuadrisep femoris yang merentangkan stifle. Vastus Lateralis berorigo di daerah korpus femur, insersionya pada patela (tempurung lutut).
Glutelus Medius. Glutelus Medius (GM) berada dan bekerja pada persendian pinggul. Gluteus medius seperti yang dikemukakan Frandson (1996) merupakan harmstring muscles atau otot ekstensor pada pinggul.
Longissimus Dorsi (LD). Longissimus Dorsi (LD) merupakan otot dorsal letaknya pada punggung dorsal ternak di belakang trapezius. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan Frandson (1996) bahwa otot yang terletak di sebelah dorsal prosesus transversus vertebrata dan di samping kedua prosesus spinosus (muskuli epaksiales).
Otot adalah jaringan yang mempunyai struktur dan mempunyai fungsi utama sebagai penggerak. Ciri suatu otot mempunyai hubungan yang erat dengan fungsinya. Karena fungsinya, maka jumlah jaringan ikat berbeda di antar otot. Jaringan ikat ini berhubungan erat dengan kealotan daging. Otot-otot yang berasosiasi dengan tulang yaitu otot-otot yang berhubungan dengan tulang disebut otot skeletal. Otot skeletal merupakan sumber utama dari jaringan otot daging (Soeparno, 1998).
Otot leher. Sebagian besar otot leher tersusun dari jaringan ikat dan alot. Otot leher yang penting dalam penelitian adalah sternomandibularis yang membentuk bagian superfisialis kumpulan otot dan ventral terhadap kerongkongan dari kepala sampai sternum. Otot ini dilepaskan pada saat pemisahan kepala dari karkas (Soeparno, 1998).
Latissimus dorsi adalah otot yang berbentuk segitiga letaknya pada bahu sebelah agak belakang seperti yang diungkapkan Frandson (1996) bahwa otot ini merupakan fleksor bahu yang berorigo pada prosesus spinosa vertebra torasik dan lumbar debgab perantara aponeurosis.
Otot supraspinatus dan otot infraspinatus terletak pada satu daerah, maksudnya bahwa kedua otot tersebut berdampingan berurutan dari depan adalah supraspinatus dan infraspinatus. Menurut Soeparno (1998), supraspinatus terdapat di bagian dorsal terhadap spina atau bagian pundak scapula. Infraspinatus terdapat di bagian ventral terhadap spina scapular. Trapezius terdapat di bagian superfisisal di antara scapula kiri dan kanan. Rhomboideus adalah ventral terhadap trapezius. Subscapularis terletak pada permukaan medial dari scapula mengarah ke rusuk. Biceps brachii adalah anterior terhadap humerus.
Otot triceps bekerja pada siku memiliki tiga kepala, kepala terpanjang berorigo pada tepi kaudal skapula dan yang lainnya berorigo pada humerus. Seperti yang diungkapkan oleh Soeparno (1998), triceps brachii (tiga kepala) yang seperti segitiga adalah otot besar dan terletak pada area segi tiga dari ujung ventral scapula sampai ujung posterior dari humerus. Triceps brachii termasuk otot-otot yang penting dan sering diikutkan dalam pengujian kualitas daging.
Otot rusuk. Serratus ventralis adalah otot besar berbentuk seperti kipas dari pemukaan medial scapula dan melekat pada permukaan rusuk. Otot ini mempunyai fungsi sebagai penyerap kejutan selama gerakan (Soeparno, 1998).
Otot pectoralis. Berlokasi di bagian sternum pada dada depan (brisket), dan meluas posterior ke bagian dada belakang (plate) (Soeparno, 1998). Hal tersebut sesuai dengan yang diungkapkan Frandson (1996) bahwa otot pectoral merupakan aduktor bahu yang berorigo pada sternum dan insersio terutama pada bagian proksimal humerus, dan otot pektoralis berbentuk bagian yang disebut brisket.
Otot-otot utama pada pandangan lateral karkas domba bagian belakang. Setelah dilakukan pengamatan terhadap otot penyusun tubuh domba yang telah diambil jeroannya, dapat diketahui bahwa otot-otot utama pada pandangan lateral karkas domba bagian belakang meliputi Gastrocnemius, Bicepsfemoris (BF), Semitendinosus (ST), Semimembranosus (SM), Vastus lateralis (VL), Tensor Fascialata (TF), Gluteus Medius (GM) dan Longissimus dorsi (LD).
Otot Longissimus dorsi (LD) adalah otot yang sangat penting dan membentuk mata daging jika dipotong dari area rusuk dan dari loin. Otot LD terdiri dari banyak subunit otot yang masing-masing membantu fleksibilitas vertebra column dan gerakkan leher serta aktivitas pernafasan. LDsering disebut otot mata atau otot longissimus. Penampang melintang LD meluas ke arah posterior rusuk. Otot LD dan loin mempunyai penempang lintang yang hampir konstan. Area LD di antara bagian seperempat depan dan seperempat belakang dari karkas, yaitu antara rusuk ke 12 dan ke 13 sering diuji untuk menaksir jumlah daging dari suatu karkas. Luas area LD ini juga bias dipergunakan sebagai petunjuk perbedaan tingkat perototan di antara karkas dengan pnjang karkas yang kira-kira sama. Jika karkas panjang dibedakan dengan karkas pendek, luas area LD yang lebih kecil pada karkas yang panjang belum menunjukkan tingkat perototan karkas yang lebih sedikit daipada luas area LD yang lebih lebar pada karkas yang pendek. Area LD atau LDA (Longissimus dorsi area) pada rusuk ke 12 atau loin sering disebut Rib Eye Area (REA) pada rusuk ke 12 atau Loin Eye Area (LEA) pada loin (Soeparno,1998).
Berdasarkan pengamatan, otot longissimus dorsi merupakan otot dorsal letaknya di daerah punggung dorsal di belakang trapezius. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan Frandson (1996) bahwa otot yang terletak di sebelah dorsal prosesus transversus vertebra dan di samping kedua prosesus spinosus (muskuli epaksiales). Otot Longisimus dorsi terdiri dari dari berkas kecil dari serabut otot yang tak tehingga banyaknya yang terentang dari prosesus transversus vertebra ke prosesus spinosusatau dari prosesus spinosus ke prosesus spinosus.
Biceps femoris. Biceps femoris adalah otot besar permukaan leteral (luar) dari paha, dan mempunyai lekukan memanjang yang membagi BF. Pada penampang lintang, BF tampak terbagi menjadi dua bagian. Bagian yang lebih kecil dari otot BF berwarna lebih pucat. Posterior dari paha terdapat Semitendinosus (ST) dan otot Semimembranosus (SM), medial terdapat ST. Adductor (A) dan pectineus (P), anterior terhadap Adductor, terdapat pada bagian medial pada di dekat femur. Semimembranosus, Adductor dan Pectineus sukar dipisahkan dan ketiga otot seolah-olah bersatu menjadi otot tunggal. Gastrocnemius terdapat di bagian dalam dari paha tertutup oleh ekstensi distal otot-otot proximal. Gastrocnemius terkait pada tendo Achilles (Soeparno, 1998).

Vastus lateralis, merupakan otot ekstensor pada stifle. Merupakan kepla dari otot kuadrisep femoris yang merentangkan stifle. Vastus Lateralis berorigo di daerah korpus femur, insersionya pada patela (tempurung lutut).

Gluteus Medius (GM) berada dan bekerja pada persendian pinggul. Gluteus medius seperti yang dikemukakan Frandson (1996) merupakan harmstring muscles atau otot ekstensor pada pinggul. Otot ini nampak berada pada daerah sekitar pantat di belakang biceps femoris. seperti yang dijelaskan Frandson (1996) bahwa origonya terletak pada sayap tulang ilium dan insersionya pada trokanter mayor dari tulang femur, yang merupakan lever yang menjulur di atas sendi pinggul.

Tiga lapis otot besar yang membentuk paha atas (rump) dan sirloin di antara paha dan loin (shortloin) adalah gluteus medius (GM), Gluteus accessories (GA) dan Gluteus profundus (GP). GM adalah otot yang terbesar di antara gluteus. GM terletak di bagian permukaan lateral dari ilium. Otot PM juga meluas posterior dari loin ke sirloin dan berhubungan dengan otot iliacus. Otot iliacus bersama-sama dengan PM disebut iliopsoas (Soeparno, 1998).
Gastrocnemius berada pada bagian paha kaki sebelah atas. Seperti yang dijelaskan Frandson (1996) bahwa gastrocnemius merupakan otot ekstensor dari hock yang berorigo pada permukan kaudal dari ujung distal femur.
Biceps femoris (BF), Semi Tendinosus (ST) dan Semi Membranosus (SM) berada pada tempat yang saling berjajar pada paha atas bagian belakang berturut turut dari depan yaitu Biceps femoris, Semitendinosus dan Semomembranosus. Seperti yang dikemukakan Frandson (1996) bahwa otot ini berada pada sisi belakang persendian pinggul dari tuber insiadikum ke ujung proksimal tibia atau fibula, otot biceps femoris merupakan otot yang paling lateral dari otot-otot paha bagian kaudal, otot semitendinosus berada pada bagian tengah dari otot-otot kaudal, dan otot semimembranosus berada pada bagian medial dari otot-otot kaudal. Kenampakan batas antara ketiga otot tersebut memang tidak begitu jelas namun seperti yang dijelaskan Frandson (1996) bahwa batas-batas antara otot-otot tersebut dapat diketahui dengan adanya alur-alur vertikal pada bagian itu.
Otot flank. Otot flank dan otot perut mengandung banyak jaringan ikat dan alot. Otot perut  atau abdominal terdiri dari lapisan-lapisan otot paralel dan jaringan ikat, misalnya otot tensor fascia lata. Otot ini berbentuk seperti segi tiga berlokasi pada sudut flank dan paha. Fascia lata adalah lembaran jaringan ikat yang menutupi permukaan anterior paha dan dapat direnggangkan oleh otot tensor fascia lata pada saat bergerak atau pada periode penggantungan karkas (Soeparno,1998).
Pada bagian karkas belakang khususnya dekat gastrocnemius terdapat tendo archilles yang biasanya digunakan sebagai penggantung karkas ternak. Otot yang menempel pada tibia selain gastrocnemius ialah pada bagian tengah disebut obligus abdominus externus dan pada bagian depan disebut lateral condyle of tibia.
Pada kaki depan, secara berurutan dari depan ke belakang otot-otot yang menempel pada tulang ialah extensor carpi radialis, flexor carpi radialis, dan flexor carpi ulnaris.

Jaringan
Jaringan Otot
Jaringan otot ada tiga, yaitu jaringan otot polos (contoh : pada saluran pencernan), otot seran lintang (otot kerangka), dan otot jantung.
Hasil pengamatan jaringan otot adalah otot ternyata dibungkus oleh epimisium yang terdiri dari fasikuli-fasikuli.Di fasikuli terdapat serabut otot yang dibungkus oleh endomesium. Otot juga terdapat miofibril dan miofilamen tetapi pada saat pengamatan praktikum tidak terlihat karena perlu perbesaran yang lebih banyak lagi. Otot tersusun dari banyak ikatan-ikatan yang lazim disebut fasikuli. Fasikuli ini terdiri atas serabut-serabut otot, sedangkan serabut otot terdiri dari miofibril. Dapat diurutkan dari yang terbesar sampai yang terkecil yaitu fasikuli, serabut otot, miofibril, dan miofilamen.
Otot rangka berinti banyak setiap sel hanya memiliki satu atau dua nukelus eukromatik yang terletak di daerah sentral. Kolom sel otot tersebut dikelilingi oleh suatu sarung lembut dari jaringan penyambung endimesium di mana terdapat banyak jala-jala kapiler (Junqueira dan Carneiro, 1992).

Jaringan Pankreas
Pankreas nampak seperti organ berlobul yang tidak teratur yang selalu berkaitan dengan bagian pertama dari duodenum dan sering kali juga dengan perut, vena kava kaudal, serta bagian kaudal dari hati.
Hasil pengamatan pada jaringan pankreas adalah terlihat lobul, pulau langerhans, interlobulary connective tissue. Pankreas adalah kelenjar endokrin sekaligus eksokrin dan terdapat pulau-pulau langerhans yang mensekresikan hormon insulin dan glukagon, di mana berperan dalam mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah. Pada preparat, pulau langerhans tampak berwarna ungu karena sel-selnya menyerap zat warna yang digunakan dalam tahap fiksasi dalam pembuatan preparat, yakni berwarna ungu. Pada pankreas tedapat jaringan ikat yaitu interlobulari connective tissue, yang mengikat antara lobulus-lobulus.
Menurut Frandson (1992), bagian endokrin dari pankreas terdiri dari sel-sel yang pucat yang terisolasi suatu suspensi yang disebut dengan pancreatic acid, tang tersebar distroma jaringan ikat glandula. Daerah tersebut disebut dengan pulau langerhans, pulau tersebut menghasilkan hormon insulin (sel beta) dan glukagon yang masuk langsung ke peredaran darah dan mengatur kadar gula darah.

Jaringan Saluran Pencernaan
Preparat saluran pencernaan yang digunakan dalam praktikum adalah bagian pada usus halus. Dalam usus halus, proses-proses pencernaan diselesaikan dan hasil-hasil pencernaan diabsorpsi (Junqueira dan Carneiro, 1992). Lapisan-lapisan penyusun saluran pencenaan adalah tunika mukosa, submukosa, lapisan otot.
Tunika mukosa. Pada tunika mukosa terdapat papillae yang berfungsi dalam proses absorpsi zat-zat makanan, yang selanjutnya disalurkan ke pembuluh darah. Permukaan papillae terdapat vili-vili (mikrovili) yang dapat memperkuat proses absorpsi. Lapisan mukosa ini sebagai pengahsil enzim pencernaan.
Tunika submukosa. Pada bagian ini terdapat vili intestinalis, merupakan pertumbuhan keluar mikosa (epitel ditambah lamina propria) yang menonjol ke dalam lumen usus halus. Antara daerah-daerah vili melekat pada membran mukosa terdapat libang kecil yang merupakan muara kelenjar tubulosa simpleks yang dinamakan kelenjar intestinal (kriptus atau kelenjar Lieberkuhn). Mukosa usus halus dibatasi oleh beberapa jenis sel yaitu sel epitel toraks (absorptif), sel Paneth, dan sel-sel yang mengsekresi polipeptida endokrin. Di bawah sel toraks terdapat mikrovili yang berfungsi penting karena sangat menambah permukaan kontak usus halus dengan makanan (Junqueira dan Carneiro, 1992).
Lapisan otot. Saluran pencernaan tersusun atas jaringan otot polos. Nama-nama otot penyusunnya yaitu longitudinal muscle (otot yang menghadap ke depan atau keluar), sedangkan otot yang mengikuti arah mingkar lumen (lubang) disebut siculair muscles. Hal ini seperti yang disebutkan oleh Junqueira dan Carneiro (1992), menyatakan bahwa komponen intrinsik dibentuk oleh kelompokan neuron-neuron yang membentuk pleksus mienterikus (Auerbach), terdapat antara lapisan otot luar longitudinal dan lapisan otot dalam yang sirkuler pleksus submukosa (Mesissener) dalam lapisan submukosa.

Jaringan Ren
Hasil pengamatan pada jaringan ren atau ginjal adalah terlihat bagian–bagian kapsula bowmen, glomerulus, proximal convolution. Ginjal (ren) terdiri dari dua lapisan yaitu cortex (luar) dan di sebelah dalamnya disebut medulla. Pada bagian medulla terdapat bagian spesifik ginjal yang dinamakan glomerulus. Glomerulus hanya terdapat dalam ginjal yang berfungsi diantaranya menyaring darah, sebagai tempat filtrasi dalam salah satu tahap pembentukan urin. di dalam glomerulus terdapat art yang tersebar merata di dalamnya.
Pada glomerulus ditemukan dua macam jaringan ikat yang dinamakan proximal confulution dan medullary ray. Proximal confulution merupakan jaringan ikat yang menghubungkan antar glmerolu sedangkan medullary ray merupakan jaringan ikat yang terdapat pada satu glomerolus
Pada ginjal beberapa binatang, temasuk manusia, ginjal terdiri dari atas banyak lobulus (ginjal multilobulus), masing-masing dengan piramid medula dan jaringan korteks yang sesuai. Lobulus ginjal terdiri atas satu medullary ray dan jaringan korteks yang mengelilinginya. Tiap-tiap medullary ray terdiri atas duktus koligens yang lurus dikelilingi oleh banyak bagian tubulus nefron yang sejajar, merupakan unit filtrasi ginjal (Junqueira dan Carneiro, 1992).

Jaringan Hepar
Hepar atau hati merupakan kelenjar tubuh yang paling besar dan khas karena memiliki multifungsi kompleks, misalnya eksresi (metabolit), sekresi (empedu), penyimpanan (lipid, vitamin A dan B,glikogen), sintesis (fibrinogen, globulin, albumin, protombin), fagositosis (benda asing), detosikasi (obat yang larut dalam lipid), konjugasi (zat beracun, hormon steroid), esterifikasi (asam lemak bebas jadi trigliserida), metabolisme (protein hidrat arang, lemak, hemoglobin, obat) dan hemopisis (pada kehidupan embrionik dan secara potensian pada hewan dewasa).
Hasil pengamatan pada jaringan hepar adalah terlihat bagian bille duct, bille capilary. Hepar atau hati adalah salah satu organ yang fungsi utamanya yakni sebagai penawar racun (detoksifikasi) yang masuk ke tubuh melalui sistem pencernaan. Salah satu penyusun hepar adalah jaringan ikat yang disebut interlobulary connective tissue. Pada hepar terdapat bile duct yakni saluran untuk lewatnya empedu yang dihasilkan oleh bile capillare (Junqueira dan Carneiro, 1992).

Jaringan Ikat
Fungsi paling umum dari connevtive tissue adalah untuk mengikat dan mendukung jaringan lain dalam tubuh. Jaringan ikat terdiri dari sekumpulan sel-sel yang tersebar dimana-mana melalui sebuah extracellular matrix. Variasi pada struktur matrix tercermin dalam enam type utama dari jaringan ikat: loose connective tissue, cartilage, fibrous connective tissue, adipose tissue, darah dan tulang (Campbell et all, 2008).
Hasil pengamatan jaringan ikat adalah nukleus, single smooth muscle, bundle smooth muscles dan interlobulary connecttive tissue. Pada sel penyusun jaringan ikat memiliki nekleus. Bundle smooth tissue merupakan gabungan dua atau lebih single smooth muscle. Fibrous connective tissue adalah penuh dengan kolagen fiber. Fibrous connective tissue ditemukan di tendon, yang mengikat otot ke tulang dan ligamen, yang menghubungkan tulang dan persendian (Campbell et all, 2008).

Kulit
Kulit terdiri dari dua lapisan utama yaitu epidermis dan korium. Di bawah korium terdapat lapisan hipodermis atau subkuti, tetapi cenderung tidak dimasukkan ke dalam lapisan karena pada bagian tersebut sudah terdapat daging dan lemak yang menempel, sehingga sudah dimasukkan ke dalam bagian daging.
Lapisan epidermis (luar) tersusun atas empat stratum, yaitu 1) stratum corneum. stratum corneum terletak paling luar, di mana merupakan lapisan yang mati karena tidak mendapat suplai makanan. Hal ini ditandai dengan tidak ditemukannya pembuluh darah. Di samping itu, pada stratum ini terjadi penandukan (cornifikasi), sehingga disebut stratum corneum (lapisan tanduk). 2) Stratum lucidum. 3) Stratum granullosum. Pada lapisan ini terdapat granul-granul. 4) Stratum germinativum.
Korium. Pada lapisan ini terdapat folikel rambut, kelenjar sebasea yang mengeluarkan minyak untuk membasahi rambut, kelenjar keringat, pembuluh darah, dan syaraf. Di sekitar folikel rambut terdapat otot penegak rambut yang disebut smooth muscles.
Rambut. Rambut merupakan jaringan yang tersusun oleh protein fibrous keratin, merupakan derivat dari epidermis. Rambut dari luar ke dalam tersusun dari kutikula korteks dan medula. Setiap rambut terletak di dalam folikel rambut, pangkal rambut disebut bulbus rambut. Pada bulbus rambut terdapat syaraf, limfe, dan darah (Soeparno, et all., 2001).
Kelenjar minyak. Kelenjar minyak termasuk tipe kelenjar holocrine atau apocrine, letaknya bertautan pada folikel rambut, sel-selnya acinus, saluran kelenjar umumnya bermuara pad afolikel rambut. Minyak yang dihasilkan disebut sebum yang mengandung senyawa kompleks dari lipida. Kelenjar sebasea atau kelenjar minyak berfungsi meminyaki dan melumasi sel rambut dan stratum corneum pada epidermis (Soeparno, et all., 2001).
Kelenjar keringat. Kelenjar keringat hampir tersebar di seluruh permukaan kulit. Bentuknya sederhana, spiral atau tubular. Letaknya pada korium dikelilingi oleh sel-sel myoepithel atau membrana basalis yang letaknya di luar bagian kelenjar. Keringat yang dihasilkan keluar lewat bagian ekskretorius bermuara di permukaan epidermis. Cairan yang dikeluarkan mengandung air, garam, urea, amonia dan asam urat (Soeparno, et all., 2001).
Pembuluh darah dan syaraf. Pembuluh arteri mengalirkan darah dan mensuplai zat-zat makanan lewat dua bentuk plexuse, satu terletak diantara korium dengan subkutis. Cabang-cabang kecil meninggalkan plexuse dan membentuk vaskurasisasi ke dalam papilla epidermis. Pembuluh darah kecil atau kapiler hanya sampai pada stratum germinativum dari epidermis. Akhirnya syaraf juga hanya sampai pada stratum tersebut (Soeparno, et all., 2001).

Jaringan Lidah
Lidah (tongue) merupakan organ tubuh berotot kerangka yang dibalut oleh selaput lendir berfungsi untuk menahan, membantu, mencerna serta menelan makanan.
Hasil pengamatan jaringan lidah, pada lapisan tunika mukosa (bagian permukaan lidah) terdapat papila-papila yang disusun oleh lapisan pipih berlapis (stratified squomosum epithelium). Papila-papila ini terdiri dari empat macam, yaitu papila filiformis, fungiformis, papila valata, dan papila foliate. Papila filiformis tidak tedapat indera pengecap, hanya sebagai penyerap rasa. Pada bagian di bawahnya yaitu fungiformis dan seterusnya terdapat indera pengecap. Pada lapisan lamina propria terdapat taste buds atau putik pengecap yang berfungsi menerima rangsangan berupa rasa. Untuk suplai nutrisi pada sel-sel dan jaringan lidah, melalui pembuluh darah. Selanjutnya terdapat gland of von ebner, yaitu suatu kelenjar yang berfungsi sebagai penghasil air ludah yang berperan dalam proses pencernan makanan, khususnya di bagian mulut. Sedangka menurut Junqueira dan Carneiro (1992), pada papila sirkumvalata tersebar pada daerah “V” pada bagian posterior lidah. Banyak kelenjar mucosa dan serosa (von Ebner) mengalirkan isinya ke dalam alur dalam yang mengelilingi pinggir masing-masing papila.


BAB IV
KESIMPULAN

Pada pengamatan sistem perorotan dan kerangka ayam dan domba, dapat disimpulkan bahwa kerangka ayam ototnya relatif putih secara keseluruhan dibanding dengan hewan ruminansia hal ini disebabakan karena pada ayam mempunyai kandungan myoglobin yang relatif lebih sedikit dibanding dengan hewan ruminansia.
Sistem kerangka ayam meliputi kerangka penyusun kepala dan leher ayam meliputi (Incisive, Nasal, Lacrimal, Mandible, Quadrate, Occipital, Atlas, Ephistropheus, dan tulang Cervical), tulang penyusun sayap (Humerus, Radius, Ulna, Carpus. Metacarpus, Phalanges), tulang penyusun tubuh (Clavicle, Coracoid, Scapula, Ilium, Ichium, Pygostyle, Pubis, dan Sternum) serta tulang penyusun kaki (Femur, Fibula, Tibia, Tarsus, Metatarsus, Digiti, Phalanges, dan Patella). Perototan ayam meliputi otot Petoralis superficialis, Pectoralis profundal, Bicep brachii, Extensor dan fleksor carpi radialis, Biceps femuris, Gastrocnemius, Tibia cranialis, Tendo-tendo ekstensor dan fleksor, otot-otot cervicalis, Obligus abdominus externus, dan Gluteus medius.
Sistem perototan domba meliputi otot utama pada pandangan lateral karkas bagian belakang yang terdiri dari Gastrocnemius, Biceps femuris, Semi Tendinosus, semi Membranosus, Vastus lateralis, Tensor facialata, Gluteus medius dan Longisimus dorsi. Selanjutnya otot utama pada bagian depan meliputi Pectoralis, Trasfer process of cervical vertebrae, Lattisimus dorsi, Possi otot Longisimus dorsi, Triceps brachii, Infraspinatus, Supraspinatus,Cerratus ventralis, Extensor dan Flexor carpi radialis, Flexor carpi ulnaris, dan Trapezius.
Pada pengamatan histologi hasil praktikum, dapat disimpulkan bahwa tiap-tiap jaringan penyususun tubuh suatu makhluk hidup memiliki fungsi dan ciri spesifik tertentu. Jaringan otot terdiri dari tiga macam berdasarkan letak, bentuk, dan sistem kerjanya, yaitu jaringan otot polos, otot lurik (seran lintang), dan otot jantung. Penyusun jaringan otot dari luar ke dalam berturut-turut adalah fasikuli, serabut otot, miofibril dan miofilamen.
Jaringan pankreas dicirikan dengan adanya pulau-pulau langerhans, yang berfungsi sebagai penghasil hormon hormon insulin dan glukagon. Terdapat pula pancreatic asinus dan jaringan ikat yang disebut interlobullary connective tissue.
Saluran pencernaan, terdapat otot longitudinal muscles dan circulair muscles. Pada tunika mukosa terdapat papilla yang pada permukaannya terdapat vili (memperluas bidang absorpsi).
Jaringan ginjal (ren) memiliki glomerulus yang mirip dengan pulau-pulau langerhans pada pancreas. Di dalam glomerolus terdapat art dan medullary ray. Di luar glomeroluas, yakni jaringan ikat penghubung antar glomerolus disebut proximal confulution.
Jaringan hepar (hati) secara spesifik terdapat bile duct (saluran empedu) dan bile capillary serta terdapat pula jaringan ikat interlobullary connective tissue. Fungsi utama hati adalah sebagai detoksifikasi.
Fungsi paling umum dari connevtive tissue adalah untuk mengikat dan mendukung jaringan lain dalam tubuh. Fibrous connective tissue adalah penuh dengan kolagen fiber. Fibrous connective tissue ditemukan di tendon dan ligamen.
Kulit terdiri dari lapisan epidermis, korium, dan subkutis. Pada bagian epidermis terdiri dari stratum corneum, stratum lucidum, stratum granullosum, dan stratum germinativum. Pada korium terdapat folikel rambut, kelenjar sebasea, kelenjar keringat, pembuluh darah, dan syaraf. Otot penegak rambut disebut smooth muscles.
Lidah (lingua) memiliki spesifikasi tunika mukosa, yang terdiri dari papila filiformis, papila fungsiformis, papila valata, dan papilia foliate; tunika muskularis, gland von ebner dan taste buds (putik pengecap).


DAFTAR PUSTAKA

Akoso, B. T. 1998. Manual Kesehatan Unggas. Penerbit Kanisius. Yogyakarta
Blakely, James and Bade H, David. 1985. Ilmu Peternakan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Cambell, Neil A, et all. 2008. Biology Eighth Edition. Benjamin Cummings. San Francisco
Frandson, R. D. 1992. Anatomi dan Fisiologi Ternak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Frandson, R. D. 1993. Anatomi dan Fisiologi Ternak. Gadjah Mada University Press.
Frandson, R. D. 1996. Anatomi dan Fisiologi Ternak. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Junqueira, Luis C dan Jose Carneiro. 1992. Histologi Dasar. Edisi 3.Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta
Soeparno. 1998. Ilmu dan Teknologi Daging.Fakultas Peternakan UGM. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Soeparno, et all. 2001. Dasar Teknologi Hasil Ternak. Diktat Kuliah. Fakultas Peternakan UGM. Yogyakarta
Yuwanta, T. 2000. Dasar Ternak Unggas. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Comments

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa pelayanan buat awal akun permainan judi atau taruhan online pada anda di agen judi online yang berpangkat International, berlaku dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Delegasi Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penundukan Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-online/
    http://www.bolazeus.net/tag/rahasia-poker-tanpa-deposit/
    http://www.bolazeus.net/2018/07/27/posisi-kursi-pada-meja-poker-bisa-menjadi-tolak-ukur-kemenangan/

    Ayo daftar sekarang di bolazeus.net

    ReplyDelete
  2. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan agen agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

    Yang Merupakan Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man guna beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  3. BISA DEPOSIT PAKAI OVO

    CemePoker yakni duta Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg menyediakan berbagai banyak game dgn 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai cabang judi poker dengan rating win tertinggi.
    ceme poker menjamin 100% keamanan sebagian membernya lagi pemain Poker abdi dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai lalai nantikan balasan menghela tiap-tiap bulannya dan ganjaran referal segenerasi hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo gabung hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    ReplyDelete
  4. Winning303 Agen betting online yang sudah berpengalaman dan profesional..Hadirkan Permainan Lengkap dan Pelayanan Ramah serta Profesional yang membuat anda tidak akan berpaling lagi..

    Cukup 1 ID saja dan tidak perlu ribet ganti user id untuk bermain:
    -Sports
    -Poker
    -Live Casino
    -Slots
    -Lotere/Togel
    -Sabung Ayam'

    Winning 303 Banjir Hadiah Yukz gabung bersama kami dan Dapatkan Langsung

    Bonus New Member Slot 15%
    Bonus New Member Poker 10%
    Bonus New Member Sabung Ayam 10%
    Bonus New Member Sportsbook & Live Casino 20%
    Bonus Deposit 10% Setiap Hari
    Bonus Deposit Sabung Ayam 5%
    Bonus Cashback 5-10%
    Bonus 100% 7x Kemenangan Beruntun Sabung Ayam
    Diskon Togel Hingga 65%
    Bonus Rollingan Slot 1%
    Bonus Rollingan Poker dan Live Casino 0.5%

    Yang Lain Sudah Bergabung...Sekarang Giliran Anda....

    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  5. Butuh Hiburan? Butuh Refreshing??
    Yuk Mainkan Live Casino bersama Winning303..
    Hadirkan Dealer Profesional dan Cantik Yang Siap Menemani Permainan Anda 24Jam Nonstop!!

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  6. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Dapatkan Bonus rollingan setiap minggunya bersama kami di Donaco poker

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  7. ZeusBola - IDN Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Daftar Sekarang Juga Dapatkan Bonus New Member
    Tingkatkan TO Anda Dan Claim Bonus Levelnya
    Pendaftaran : http://zeusbola.me

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    ReplyDelete
  8. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    ReplyDelete
  9. Haduhh... Bosan Nih #dirumahaja Tanpa Aktivitas, Bahkan Tanpa Penghasilan?

    Hayukk Daftar Sekarang Bersama di https://zeusbola.pro/ Untuk mendapatkan Penghasilan Sampingan Hanya Dengan Dirumah Saja.

    Kami Juga tersedia permainan lain nya seperti :
    ➡ BOLA / SBOBET,ICBET,CMD368, MAXBET, SONG88, UBOBET ⚽️⚽️
    ➡ Live Casino
    ➡ Slot Online
    ➡ Balap Tikus
    ➡ Tangkas Net
    ➡ SLOT JOKER GAMING ��
    ➡ POKER IDN PLAY ����

    Menyediakan Transaksi Via :
    • All Bank Lokal Indonesia
    Bandar Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan ( Via Transfer Pulsa, M-Kios, Alfamart , Indomaret & Jasa Lainnya )
    • BTPN JENIUS
    • OVO
    • DANA
    • GOPAY
    • LINKAJA
    • SAKUKU
    • PAYPRO

    deposit pulsa tanpa potongan Hanya Tersedia Di ZEUSBOLA !!

    Pendaftaran FREE, Dapat Dilakukan Melalui Link :

    Whatsapp 1 : +6282277104607
    Whatsapp 2 : +6281333552228
    TELEGRAM : 0813-3355-5996 / @zeusbola
    Link Alternatif : https://zeusbola.pro/

    ReplyDelete
  10. MuseumAyam agen sabung ayam Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Museumtoto IDNLive
    Museumbola Slot Habanero
    Sabung Ayam club388
    Museum Poker
    Agen Sabung Ayam Online Club388
    Agen SV388
    Agen Taruhan Online
    Agen Casino Online

    Baca juga :
    Hal Penting Sebelum Terjun Bermain Judi Poker Deposit Pulsa
    Sejarah Munculnya Pasaran Togel Sydney Pools

    ReplyDelete
  11. PROMO MEMBER BARU 15%

    ZeusBola merupakan mater bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di Bolazeus.

    Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dengan kongsi Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man kepada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    Whatsapp : 0822-7710-4607
    LINE : zeusbola
    BBM : bolazeus

    ReplyDelete
  12. Mau bonus menarik untuk permainan Live casino?
    Mulai dari harian , mingguan hingga bulanan?

    Jangan binggung kawan mari join saja bersama kami di WINNING303

    Informasi Lebih Lanjut, Silakan Hubungi Kami Di :
    - WA : 0877 8542 5244

    Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop

    ReplyDelete
  13. MuseumAyam situs bandar sabung ayam Terpercaya & Terpopuler Indonesia Dengan Minimal Taruhan Hanya 10ribu saja. Menyedikan Juga Berbagai Permainan Terpopuler Lainnya Seperti Taruhan Sepak Bola, Live Casino, Poker, Bola Tangkas, Togel SGP,HK,SDY, Tembak Ikan Online, Slot Games, Dan Masih Banyak Lainnya. Proses Cepat Berapapun Kami Bayar Terpercaya

    PROMO MUSEUMAYAM SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%

    Daftar Sbobet88

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    Contact Resmi MuseumAyam
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  14. Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    MBO128 AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA 2021

    Sini langsung gabung bersama MBO128
    Menang berapa pun kami bayar.

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    https://mbo128.com/register

    KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  15. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Jackpot Poker Online Uang Asli Super Royal Flush

    Situs Poker Terbaik Indonesia Dengan Keuntungan Menarik

    ReplyDelete
  16. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  17. I really appreciate your support on this.
    Look forward to hearing from you soon.
    I’m happy to answer your questions, if you have any.


    แจกเครดิตฟรี ฝากถอนง่าย

    เครดิตฟรี

    คาสิโนออนไลน์

    ReplyDelete
  18. ZEUSBOLA
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    dengan minimal deposit 25 rb..
    Untuk Pulsa dimulai dari 10RB
    dan ada promo TANPA POTONGAN.
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dasar Teknologi Hasil Ternak (Pengujian Kualitas Telur)